Biografi Johannes Robert Rydberg - Penemu Rumus Rydberg


Johannes Robert Rydberg Johannes Robert Rydberg
Lahir: 8 November, 1854 Halmstad
Meninggal: 28 Desember 1919 (umur 65) Lund
Kebangsaan: Swedia
Bidang: Fisika
Lembaga: Lund University
Dikenal sebagai: Rumus Rydberg
Penghargaan: Fellow dari Royal Society (1919)

Johannes (Janne) Robert Rydberg adalah seorang fisikawan asal Swedia, dan dikenal karena berhasil merancang dengan rumus Rydberg.

Rumus Rydberg merupakan suatu rumus yang Ia temukan pada tahun 1888, yang digunakan untuk memprediksi panjang gelombang dari foton (cahaya radiasi elektromagnetik) yang dipancarkan oleh perubahan energi dari elektron dalam sebuah atom hidrogen.

Johannes Robert Rydberg lahir pada 8 November, 1854 di HalmstadIa, Swedia. Ia aktif sebagai akademisi di Universitas Lund, Swedia, dan seluruh hidupnya Ia abdikan di sana. Sebuah atom dengan nilai yang tinggi dari prinsip nomor quantum, diwakili dengan lambang "n" dalam rumus Rydberg dinamakan atom Rydberg. Teori terbukti mampu sebagai kunci untuk memahami unsur kimia dari atom yang dijelaskan dalam karya Niels Bohr.
Karena kerja keras dan dedikasinya, kawah Rydberg di Bulan dan asteroid 10506 Rydberg dinamakan sesuai namanya untuk menghormatinya. Ada sebuah pub malam yang diselenggarakan untuk menghormati Rydberg setiap hari Rabu di Departemen Fisika di Universitas Lund.
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Biografi-tokohpenemu.blogspot.com

Post Comment