Biografi Owen Richardson - Penemu Emisi Termionik

Owen Willans Richardson
Lahir: 26 April 1879 Dewsbury, Yorkshire, Inggris
Meninggal : 15 Februari 1959 (umur 79) Alton, Hampshire, Inggris
Kebangsaan: Britania Raya
Bidang: Fisika
Institusi: Cavendish Laboratory
Alma mater: University of Cambridge
Dikenal karena: emisi termionik
Penghargaan: Penghargaan Nobel Fisika (1928), Hughes Medal (1920)

Sir Owen Willans Richardson ialah seorang fisikawan Britania Raya, profesor di Princeton University antara tahun 1906-1913, dan pemenang Nobel Fisika untuk karyanya pada fenomena termionik dan penemuan emisi termionik yang menuju penemuan hukum Richardson.


Biografi

Richardson lahir  pada 26 April 1879 di Dewsbury, Yorkshire, Inggris, satu-satunya anak Joshua Henry dan Charlotte Maria Richardson. Ia dididik di Batley Grammar School, dan lulus dari Trinity College, Cambridge pada tahun 1900 setelah mendapatkan Penghargaan Kelas Satu dalam Ilmu Pengetahuan Alam.

Niels Bohr dan Richardson (kanan)
Niels Bohr dan Richardson (kanan)di Konferensi Solvay, 1927
Pada tahun 1914, Richardson menjadi guru besar di King's College London, di mana ia kemudian diangkat sebagai direktur riset. Ia pensiun pada tahun 1944.

Ia dianugerahi Medali Hughes oleh Royal Society (di mana ia menjadi anggotanya) pada tahun 1920 untuk karya dalam emisi termionik, yang menjadi dasar untuk tabung hampa udara.

Ia juga meneliti efek fotoelektrik, efek giromagnetik, emisi elektron oleh reaksi kimia, sinar X lunak, dan spektrum hidrogen.

Ia dianugerahi gelar kebangsawanan pada tahun 1939. Ia meninggal dalam usia 79.

Keponakan Richardson adalah fisikawan Richard Joseph Davisson yang ayahnya Clinton Davisson juga pemenang Nobel Fisika.

Owen Willans Richardson meninggal di Alton, Hampshire, Inggris pada 15 Februari 1959 (umur 79).


Emisi termionik

Emisi termionik ialah pancaran elektron bebas dari permukaan logam atau semikonduktor oleh pemanasan seperti halnya penguapan molekul-molekul cairan dari permukaan cairan. Kenaikan suhu oleh pemanasan berarti kenaikan tenaga vibrasi atom-atom bahan maupun tenaga kinetik translasi elektron-elektron bebas yang berarti pula kenaikan momentum yang mengakibatkan kenaikan intensitas tumbukan sehingga menaikan peluang elektron bebas untuk terpental lepas dari permukaan bahan.

Pada hakikatnya elektron bebas berasal dari elektron atom dikulit valensi,yakni dikullit atom yang paling luar, yaitu yang kurang terikat oleh inti atom.oleh vibrasi atom-atom,elektron valensi itu dapat terlepas dari ikatan atom dan menjadi elektron bebas yang berprilaku seperti molekul-molekul gas sehingga disebut juga gas elektron.elektron-elektron bebas inilah yang berfungsi menghantarkan arus listrik didalam kawat konduktor atau kawat tahanan. 
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Biografi-tokohpenemu.blogspot.com

Post Comment